Enak di Blog dan Perlu

Saya punya janji pada diri sendiri: mengunjungi makam penulis dan tokoh favorit saya selama kuliah di Inggris. Sampai saat ini saya sudah mengunjungi beberapa makam, misalnya Karl Marx dan George Eliot di London, serta George Orwell di Oxford. Bulan depan saya berencana ke makam Virginia Woolf di Sussex. Beberapa teman berkomentar wisata makam yang saya lakukan ini cukup aneh, “liburan kok malah berkunjung ke kuburan?”. Tapi mungkin mereka bilang begitu sebab mereka tidak memuja penulis novel 1984 itu seperti saya memujanya. Bagi para penggemar berat seorang yang terkenal, dapat bertemu dengan tokoh kegemaraannya adalah kebahagiaan tersendiri. Jika sudah dapat berjumpa, berjabat, dan apalagi menjepret momen itu dengan kamera digital (untuk kemudian diunggah sebagai foto profil di Facebook)… ah sungguh luar biasa sudah itu! Salah satu kebahagiaan dunia yang bisa dipamerkan kepada anak cucu. Memang Orwell sudah tiada, namun dapat berfoto dengan nisannya itu sudah kebahagiaan luar biasa bagi saya sebagai seorang penggemar. Tapi, bukan itu poin yang ingin saya garis bawahi.

Ketika saya berselancar di dunia maya untuk menyusun rencana wisata makam, saya menemukan berbagai situs tentang makam penulis atau tokoh terkenal. Saya tidak kaget, memang makam para penulis atau tokoh dijaga dengan begitu baiknya di Barat ini. Rumah-rumah mereka pun berubah jadi museum yang dapat dikunjungi siapa saja (misalnya rumah Sigmund Freud di London yang kini berubah menjadi Freud Museum). Dengan bantuan Google, saya pun jadi tahu bahwa makam Oscar Wilde di Paris dan Franz Kafka di Praha juga dirawat dengan begitu baiknya. Makam-makam tersebut telah menjadi obyek wisata tersendiri, sehingga tak heran jika beberapa media, bahkan yang sekelas the Guardian juga mendaftar makam populer yang patut dikunjungi.

Ini yang membuat saya miris. Bagaimana tidak, selepas mengunjungi makam Orwell, saya langsung terpikir soal makam para idola saya di Indonesia. Kok saya belum pernah terpikir untuk berkunjung ke makam Romo Mangun yah? Kok saya tak pernah terpikir untuk mengunjungi makam Gie yah? Miris yang pertama jelas kepada diri sendiri. Miris kedua adalah setelah saya tahu bahwa seorang kawan beberapa waktu yang lalu menulis soal bagaimana makam Soe Hok Gie (di Museum Taman Prasasti) tidak dirawat dengan baik. Patung malaikatnya sudah tak ada di tempatnya. Tulisan di nisannya sudah tak jelas lagi (semoga saat ini sudah diperbaiki). Saya jadi marah sendiri.

Besoknya saya ngobrol via Skype dengan bapak saya yang adalah Nahdliyin totok. Saya bilang pada dia bahwa Indonesia itu nggak jelas. Mosok yang dirawat dengan baik dan terkenal cuma makam para sunan atau wali yang sering dia dan ibu saya kunjungi saja? Mengapa makam para penulis yang jasanya jelas-jelas tak kalah dengan para wali (membuka wacana dan perdebatan itu bagi saya jasa yang tiada tara) kok tidak dirawat? Sedikit mengomel saya bilang pada bapak saya bahwa makam para penulis juga bisa mendatangkan uang, tak kalah dengan makam para wali yang dapat mendatangkan rejeki untuk tukang parkir sampai tukang jualan nasi rawon dekat makam-makam itu. Bapak saya geleng-geleng saja mendengar saya ngomel, kemudian berkata, “salah sendiri kok penulis favoritmu tidak seterkenal Sunan Giri!”. Aduh, marah lagi lah saya.

Tapi saya jadi bertanya, apa betul YB Mangunwijaya atau Soe Hok Gie atau Tan Malaka tidak seterkenal Sunan Giri? Kalau memang begitu, mengapa bisa demikian? Saya tidak tahu sejarah macam apa yang diajarkan di bangku-bangku sekolah masa kini, atau novel Indonesia apa yang wajib baca. Jangan-jangan sekolah tidak lagi mewajibkan siswanya untuk membaca novel-novel Indonesia? (di sekolah saya dulu ada daftar buku wajib baca). Ini bukan soal mendikte siswa untuk membaca buku tertentu, tapi untuk memberi tahu kepada generasi muda betapa Indonesia juga memiliki penulis dan pemikir yang luar biasa! Nah, coba kalau para siswa mengetahui penulis dan pemikir hebat itu, dan mengidolakan mereka setengah mati, ada kemungkinan makam mereka akan seramai dan seindah makam Kafka atau Wilde — penuh dengan bunga dan bahkan catatan dari para penggemarnya. Rumah-rumah mereka pun akan dijaga dengan ekstra sebab generasi muda juga ingin tahu bagaimana sang idola dulunya duduk di meja kerjanya sambil menulis lembar demi lembar bukunya. Pasti ramai dikunjungi turis sastra itu makam-makam, saya berargumen — masih pada bapak saya. Pasti jadi tempat wisata yang mendidik, saya tambahkan.

Tapi, bapak saya santai saja bilang, “eh nduk, orang-orang ke makam para sunan itu untuk mendoakan mereka lho. Tapi ada juga yang keliru, berdoa meminta pertolongan [para wali]“. Aduh, spontan saya tepok jidat! Ampun, ampun. Sepertinya jalan menuju gebyar wisata makam untuk para penulis kenamaan Indonesia masih panjang.

Anita Rachman

Mahasiswa International Multimedia Journalism di Newcastle University, Inggris

Komentar [62]

Feed  •   Trackback  •   Kirim Komentar

62 Komentar untuk “Orwell dan Gie vs Sunan Giri”

  1. sukenot | 25 March, 2013 08:40

    komentar bapakmu itu memang ya…Indonesia sekali..*Eh, NU sekali..

  2. Pelor | 25 March, 2013 09:14

    @sukenot : Ya beda klasifikasinya laaahhh….

  3. hujanreda | 25 March, 2013 10:41

    Lho, ada kok penulis Indonesia yg makamnya tak pernah sepi dari penziarah, siapa lagi kalau bukan Gus Dur. (Eh, itu karena beliau dianggap wali juga sih oleh sebagaian orang:) )

  4. Diburu Polisi Gara-gara Bercanda di Facebook | My Blog Salagau | 25 March, 2013 11:34

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  5. Kudeta di Republik Afrika Tengah, Presiden Kabur | My Blog Salagau | 25 March, 2013 11:35

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  6. Bierhoff: Jerman Sulit Juarai Piala Dunia 2014 | My Blog Detik | 25 March, 2013 15:15

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  7. Jenasah Korban Penembakan Cebongan Disambut Tangis | My Blog Detik | 25 March, 2013 15:16

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  8. Catcha Group Siap Investasi Online Rp 1,45 Triliun | My Website Munawar Salagau | 25 March, 2013 15:22

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  9. BlackBerry Jajaki Penyatuan Ponsel Tablet Laptop | My Website Munawar Salagau | 25 March, 2013 15:23

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  10. Jenazah Korban Penembakan Cebongan Disambut Tangis | My Blog Munawar Salagau | 25 March, 2013 15:55

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  11. aom muhtarom | 25 March, 2013 16:48

    manntaaappp… tulisannya nambah pencerahan nie,,, akan lebih mantaap bila yang di kunjungi makam2 para waliyullah yang sudah jelas karomahnya…

  12. RizalWasyim | 25 March, 2013 17:13

    Artikel yang menarik…. LIke!

  13. Ponsel Kyocera Tahan Banting – Tempo.co | Teknisi Asia | 25 March, 2013 17:42

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  14. Catcha Group Siap Investasi Online Rp 1,45 Triliun | Blog Bisnis Internet Center | 25 March, 2013 18:55

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  15. Dyah | 25 March, 2013 19:36

    Belum pengen ziarah ke makam Rasulullah Ra?

  16. Windows Blue Segera Muncul – Tempo.co | Teknisi Asia | 25 March, 2013 23:50

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  17. Selangkah Lagi Menuju Baterai Nuklir | My Website Munawar Salagau | 26 March, 2013 01:28

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  18. Pendiri Yahoo! Menjadi Investor | My Website Munawar Salagau | 26 March, 2013 01:28

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  19. KRL Ekonomi Dihapus, KAI Didemo Besar-besaran – Tempo.co - www.ecenterconsultant.com | 26 March, 2013 04:29

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  20. Abate Minta Italia Tak Meremehkan Malta | My Blog Salagau | 26 March, 2013 05:34

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  21. Bagaimana Dinosaurus Berpunggung Runcing Bercinta? – Tempo.co | Teknisi Asia | 26 March, 2013 06:37

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  22. Bagaimana Dinosaurus Berpunggung Runcing Bercinta? | My Website Munawar Salagau | 26 March, 2013 11:46

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  23. Robot Ular Ini Merangkak, Memanjat, dan Berenang | My Website Munawar Salagau | 26 March, 2013 11:47

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  24. Menlu Amerika Diam-diam Kunjungi Afganistan | My Blog Salagau | 26 March, 2013 12:01

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  25. Cina, Pasar Film Terbesar Kedua di Dunia | My Blog Salagau | 26 March, 2013 12:01

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  26. Reality Show Dibatalkan Setelah Peserta Meninggal | My Blog Salagau | 26 March, 2013 12:02

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  27. Busquets: Spanyol dalam Tekanan | My Blog Detik | 26 March, 2013 15:55

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  28. uulgrs | 26 March, 2013 16:55

    he he he ….. tinggal menyeriusinya

  29. Satu Perampok Toko Emas di Jember Tewas Ditembak | My Blog Munawar Salagau | 26 March, 2013 17:26

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  30. Vila di Taman Nasional Halimun Segera Digusur | My Blog Wiedans | 26 March, 2013 21:24

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  31. Vila di Taman Nasional Halimun Segera Digusur – Tempo.co | Kabar Baru Dot Com | 26 March, 2013 22:59

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  32. Ada Janin Hiu Berkepala Dua | My Website Munawar Salagau | 27 March, 2013 07:52

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  33. Obama Pilih Wanita untuk Pimpin Secret Service | My Blog Salagau | 27 March, 2013 12:15

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  34. Gairah Dot TK Judika Sedang Mencari Cinta | Gairah Dot TK | 27 March, 2013 13:23

    [...] Judika Sedang Mencari Cinta Cinta Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  35. Marzuki Alie Janji Tunduk kepada Majelis Tinggi | My Blog Detik | 27 March, 2013 16:33

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  36. Inilah Tiga PR Menkeu Baru | My Blog Detik | 27 March, 2013 16:33

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  37. Ferguson: Giggs Adalah Manusia Luar Biasa | My Blog Detik | 27 March, 2013 16:34

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  38. 4 Faktor Penentu Kelulusan Ujian Nasional – Tempo.co | Kabar Baru Dot Com | 27 March, 2013 19:19

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  39. Kuartal II, Garuda Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun | My Blog Wiedans | 27 March, 2013 21:34

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  40. Dadang | 27 March, 2013 21:51

    Nah, kalau makam leluhurmu bagaimana, nduk, apa sudah kamu kunjungi juga? Alfatihah.

  41. Mazda Tambah Dealer di Indonesia | My Info Blog | 28 March, 2013 01:21

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  42. Anita on the blog! » Blogging for Tempo | 28 March, 2013 03:48

    [...] My first post: here. [...]

  43. Van Persie Ingin Pensiun di Manchester United | My Blog Salagau | 28 March, 2013 06:43

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  44. Moratti Bantah Isu Mourinho Akan Kembali ke Inter | My Blog Salagau | 28 March, 2013 06:44

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  45. masimura | 28 March, 2013 09:53

    mangkanya kalo sempat…ya ke sunan giri….
    apalgi bisa mewarisi salah satu ilmunya ” GIRi sang pena menulis ”
    hatinya sudah bersih….dan penanya menulis sendiri tanpa dipegang.
    hayo…ada yg sanggup….
    Sebenarnya nulis itu gampang..
    yg susah adalah apkah tulisan tersebut bermanfaat bagi khalayak?

    wassalam
    masimura albloggger

  46. BlackBerry Jajaki Penyatuan Ponsel Tablet Laptop | 28 March, 2013 10:27

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  47. Oposisi Suriah Diundang KTT Arab, Rusia ‘Bingung’ | My Blog Salagau | 28 March, 2013 12:31

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  48. AS Tegaskan Dukungan pada Korsel Tak Tergoyahkan | My Blog Salagau | 28 March, 2013 12:31

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  49. KRL Ekonomi Non-AC Ditarik Mulai Juni – Tempo.co - www.ecenterconsultant.com | 28 March, 2013 15:16

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  50. anakewarok ponorogo | 28 March, 2013 20:54

    Menurut saya,masyarakat kelas bawah sederhana aja cara mikirnya.para sunan dan aulia tidak butuh apa-apa dan 100% ikhlas.hanya ridho sang khaliq yang mereka cari.walau mereka di beri kemampuan oleh ALLOH SWT karomah berupa kemampuan merubah sesuatu benda biasa menjadi benda yang sangat berharga,tapi mereka tidak butuh itu semua.itulah yang selalu ditekankan oleh para auliya untuk menjadi hamba yang sebenar benarnya hamba.tunduk,taat dan patuh pada ALLOH SWT dan tidak berupaya mengingkari apalagi berusaha bersaing dengan sang maha pencipta.pemikiran sebeginilah yang menurut saya belum dipunyai para penulis barat

  51. Mahkamah Konstitusi Tolak Bubarkan BPH Migas | My Blog Wiedans | 28 March, 2013 21:42

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  52. 101 Spesies Kumbang Baru Dinamai dari Buku Telepon | My Website Munawar Salagau | 29 March, 2013 00:14

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  53. Facebook Siapkan Android Versi Sendiri | My Website Munawar Salagau | 29 March, 2013 20:27

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  54. Hibah susanto | 1 April, 2013 05:12

    Aku senang melihat kepolosan secuplik goresan kegalauan Anita ttg penghargaan masyarakat Indonesia thdp jasa penulis atau orang yg menganggapnya sebagai yg berjasa…..ya itu tidak salah anda

  55. Hibah susanto | 1 April, 2013 05:38

    Ha…ha…ha….bgmn kbr UK/ DW 10 apa masih seperti itu warna gedungnya atw sdh dirubah….Adinda AR yg baik hati,saranku tulislah kisah’s ttg wawasan kehidupan orang UK yg mampu memotivasi masyarakat RI utk menjadi cerdas secara rutin faktual apalagi disertai cuplikan jepretan yg menarik,pasti tulisa

  56. Hibah susanto | 1 April, 2013 05:41

    Ha…ha…ha….bgmn kbr UK/ DW 10 apa masih seperti itu warna gedungnya atw sdh dirubah….Adinda AR yg baik hati,saranku tulislah kisah’s ttg wawasan kehidupan orang UK yg mampu memotivasi masyarakat RI utk menjadi cerdas secara rutin faktual apalagi disertai cuplikan jepretan yg menarik,pasti tulisan Anda bermanfaat,manfaatkan momentum selama di UK utk kemaslakatan masyarakat RI,tdk sekedar menulis

  57. Hibah susanto | 1 April, 2013 05:47

    Ha…ha…ha….bgmn kbr UK/ DW 10 apa masih seperti itu warna gedungnya atw sdh dirubah….Adinda AR yg baik hati,saranku tulislah kisah’s ttg wawasan kehidupan orang UK yg mampu memotivasi masyarakat RI utk menjadi cerdas secara rutin faktual apalagi disertai cuplikan jepretan yg menarik,pasti tulisan Adinda bermanfaat utk kemajuan anak bangsa,momentum selama di UK bisa dimanfaatkan sbg peluang besar Dan jauhi tulisan yg melecehkan bangsa sendiri,saya yakin bila itu Adinda lakukan Insya Allah karya

  58. Hibah susanto | 1 April, 2013 05:58

    Ha…ha…ha….bgmn kbr UK/ DW 10 apa masih seperti itu warna gedungnya atw sdh dirubah….Adinda AR yg baik hati,saranku tulislah kisah’s ttg wawasan kehidupan orang UK yg mampu memotivasi masyarakat RI utk menjadi cerdas secara rutin faktual apalagi disertai cuplikan jepretan yg menarik,pasti tulisan Adinda bermanfaat utk kemajuan anak bangsa,momentum selama di UK bisa dimanfaatkan sbg peluang besar Dan jauhi tulisan yg melecehkan bangsa sendiri,saya yakin bila itu Adinda lakukan Insya Allah karya penahmu akan di ziarahi beribu bahkan berjuta orang..itu hanya bisa dilakukan bila Adinda sungguh’s n ikhlas dalam menulis tdk hanya sekedar mencoret kertas dengan pena berwarna ….selamat berkarya di negeri UK aku bangga dengan Adinda….Adinda bersyukur dikaruniai orang tua yg hebat walaupun menurut Adinda hanyalah seorang Nadliyin….

  59. Deschamps Tak Menyesal Pasang Pogba | My Blog Info | 17 April, 2013 18:55

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  60. SBY Diminta Berfokus sebagai Presiden | Informasi | 22 June, 2013 00:55

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  61. Kasus PON, Kahar Diperiksa KPK 9 Jam | Informasi | 23 July, 2013 05:44

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

  62. Partai Demokrat Gagal Kaderisasi | Informasi | 3 August, 2013 10:58

    [...] Orwell dan Gie vs Sunan Giri [...]

Silakan berkomentar, kawan!