Enak di Blog dan Perlu

Mengapa sayap mobil balap F1 dipasang terbalik? Karena fungsi sayap jet darat itu bukan untuk mengangkat seperti sayap pada pesawat terbang, melainkan justru menekan mobil melekat ke lintasan. Sayap yang terbalik juga akan memberikan tenaga tarikan yang lebih baik dan laju mobil lebih stabil.

Informasi itu tak saya dapatkan dari situs web resmi F1. Bukan pula dari situs web para pecandu mobil balap. Saya justru memperoleh pengetahuan tentang sayap terbalik mobil F1 itu dari blog Fisikane milik Iksan Taufik Hidayanto, pengajar dan Kepala Laboratorium Fisika MAN 1 Purwokerto, Jawa Tengah.

Iksan tentu bukan satu-satunya guru yang memiliki blog. Saya tak tahu jumlah pastinya, tapi bila saya ketik kata “blog guru” di Google, akan keluar beberapa pengumpul blog guru, seperti Blog Guru, Guru Indonesia, Indonesia Teacher Community, dan Aksi Guru. Mereka adalah Ki Hajar Dewantara di era web 2.0. Orang-orang yang mendidik para siswa melalui blog. Teladan untuk pengingat Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2Mei.

Mengapa banyak guru membuat blog? Sawali Tuhusetya, guru, menulis di jurnal pribadinya bahwa blog adalah salah satu media meningkatkan kualitas diri seorang pendidik. Seorang guru adalah agen pembelajar yang harus memiliki empat jenis kompetensi: pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

Melalui blog, Sawali menulis, guru akan terangsang meningkatkan kualitas diri dengan membuat aneka jenis tulisan yang bermanfaat bagi kepentingan dunia pembelajaran di sekolah. Dengan cara demikian, secara tidak langsung, blog bisa menjadi sebuah media penyaluran yang mencerahkan dunia pembelajaran di sekolah. Kekuatan “tautan” antarweb dan blog dalam dunia Internet menyediakan bunga rampai pengetahuan yang (nyaris) tak terbatas bagi seorang guru.

Lewat blog, menurut Sawali, guru juga akan mudah melakukan ekspresi diri. Temuan-temuan praktis dari dunia pembelajaran bisa diangkat dan menjadi sebuah wacana yang menarik dalam sebuah blog sehingga bisa memancing siapa pun yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan untuk berkomentar atau berdiskusi. Bukankah ini sebuah “kekuatan” yang hampir tidak dimiliki oleh media mana pun?

Jangan lupa, guru adalah profesi yang dituntut untuk selalu berbagi. Mereka berbagi pelajaran, ilmu, gagasan, dan sebagainya kepada anak didik–setiap hari. Ibarat sumur, seorang guru tak akan pernah kekeringan bahan untuk dibagikan.
Akan lebih baik bila pelajaran dari seorang guru tidak hanya diterima oleh murid-muridnya di kelas, tapi juga anak-anak lain di mana pun mereka berada. Semakin banyak anak, semakin baik. Kalau bisa, bahkan bukan hanya murid yang memperoleh pelajaran itu, tapi juga semua orang.

Cara menyebarluaskan ilmu adalah melalui blog dan media sosial lainnya, seperti Facebook dan Twitter. Blog adalah jaringan terbuka yang bisa diakses di mana saja. Hanya dibutuhkan seperangkat komputer dan akses ke Internet. Lewat blog, pembaca sebuah tulisan tak terbatas. Blog membuat ruangan kelas bagaikan tanpa sekat.

Blog adalah media yang membebaskan. Di blog, seorang guru matematika, misalnya, boleh saja menulis tentang masalah etiket. Guru bahasa pun dipersilakan membahas masalah di luar bidang ajarnya, contohnya filsafat olahraga. Seorang guru fisika bahkan tak dilarang berbagi teknik fotografi yang menjadi hobinya di luar sekolah. Pendeknya, blog bisa membuat guru menjadi dan berbagi apa saja.

Blog justru akan memancing guru berkreasi semaksimal mungkin. Dengan teknologi yang melekat padanya, blog memungkinkan guru menambahkan gambar, suara, atau video sebagai pelengkap bahan ajar. Materi pelajaran niscaya akan semakin menarik dan memicu kreativitas anak didik.

Komentar [43]

Feed  •   Trackback  •   Kirim Komentar

43 Komentar untuk “Mengapa Guru Perlu Membuat Blog”

  1. vero | 10 May, 2010 12:19

    Good. I just try to be blogger to empower myself as teacher - formally in the class n informally in the basic social community

  2. vero | 10 May, 2010 12:19

    Good. I just try to be a blogger to empower myself as teacher - formally in the class n informally in the basic social community

  3. Khoirun Mukri | 10 May, 2010 14:04

    Bagus… saya setuju, setidaknya dapat dijadikan tempat berbagi rasa dan saran serta usul tentang dunia pendidikan kit thank

  4. Sky | 11 May, 2010 06:19

    Blog memang media yang membebaskan seorang guru untuk membagi ilmu.

  5. DIANA | 11 May, 2010 07:22

    Andai saja smua guru punya blog pribadi, rasanya tak perlu pergi ke Perpustakaan untuk menggali pengetahuan. Anak didik pun akan lebih leluasa dlm mengemukakan pendapatnya, karna tak harus bertatap muka dengan sang guru!

  6. Angga | 11 May, 2010 09:34

    Kalau guru punya blog itu namanya cerative dan beber-bener mencintai pekerjaannya sebagai guru dan mengabdi kepada siswa, dan memiliki tanggung jawab yang luar biasa, jangankan untuk membuat blog, kadang-kadang ada saja guru menjadi okun dalam mengajarnya cuma memberikan buku untuk di tulis oleh para siswanya. sedangkan dia malah keluar entah kemana. kalau mendengar gaji langsung dech sikap. maaf nih pak guru dan ibu guru. kalau anda tidak merasa jangan tersinggung.

  7. frangky | 12 May, 2010 04:12

    guru adalah sumber inspirasi dari para muridnya, guru juga harus kreatif jangan sampai muridnya yang lebih pintar dari gurunya makanya bukan cuma satu disipilin ilmu yang harus dikuasai, pokoknya guru itu harus serba bisa, murid tanya apa saja kepada guru, dan si guru pun harus siap untuk menjawabnya. Betul toh!

  8. munawar am | 12 May, 2010 07:26

    selain Pak Sawali, ada nama Marsudiyanto, Guru dengan Prestasi yang sangat baik di dunia blogging…. marsudiyanto.info merupakan blog dengan kadar aktifitas yang tinggi dan padat

  9. phery | 12 May, 2010 14:23

    benar, pak sawali dan pak marsudiyanto adalah 2 contoh guru yang selalu menularkan ilmu yang didapat mereka melalui blognya.

  10. hardy | 12 May, 2010 20:13

    Kasian guru di daerah yang belum mengenal komputer apalagi mengoperasikannya. bagaimana membuat blog ? jaringan internet di daerahnya aza gak ada, jaringan telepon seluler aza gak ada sinyal jadi bagaimana ?

  11. novi | 13 May, 2010 15:40

    bagus

  12. sony | 13 May, 2010 21:12

    Jujur saya akui belum banyak guru yang memnfaatkan teknologi IT. Saya belum menemukan tulisan yang megkaji dan meneliti hal tersebut. Adalah meningkatkan SDM terlebih dulu sebelum bicara Blog dan IT lainnya. Bagaimana mungkin seorang guru membuat Blog kalau(maaf) masih Gaptek. Ini realita. Saya berharap kepada Yth, Bp dan Ibu guru agar sekiranya meningkatkan SDM nya.Karena kata pakar /tokoh pendidikan adalah “long life education” .Tidak ada kata terlambat untuk memulai belajar. Ini demi anak didik. Karena ditangan Bp/Ibu guru nasib bangsa ini kedepan. Kata pepatah ” potret bangsa masa depan terletak pada potret guru sekarang”

  13. johndewor | 15 May, 2010 02:01

    ide yang sangat bagus,sebab bisa menuntun murid-murit untuk sering online.Tapi jika tempatnya di daerah penggunungan gmn nya solusinya yang belom terjamah oleh jaringan internet……..

  14. Daftar search engine | | 15 May, 2010 08:57

    [...] Mengapa Guru Perlu Membuat Blog : Blog Tempo Interaktif [...]

  15. vero | 15 May, 2010 10:38

    banyak kendala untuk membuat blog.lembaga tempat kerja kadang juga tidak selalu mendukung; koneksi internet yang terlalu lambat, tidak memberi pelatihan, dsb. Belum lagi kondisi beberapa tempat di daerah, jangankan internet memiliki laptop pribadi saja adalah sebuah kemewahan. JUga dari segi waktu, ora cucuk…kata orang jawa. kalau tidak karena idealisme dan hobby menulis, jujur saja saya lebih suka ngamen..maksud saya ngajar sana sini part timer… secara materi lebih menguntungkan. Betul kan teman-teman ?

  16. Hayat Fataruba | 17 May, 2010 18:05

    Kreifitas guru bukan hanya kepiawaiannya di depan kelas dan siswanya, tetapi juga harus piawai di depan masyarakat ilmiah….blog guru adalah sarana untuk merealisasikan power guru sebagai agen pembelajaran.

  17. Drajat | 17 May, 2010 19:21

    Trims ide yang bagus. Yu atuh kita ramaikan dengan blog. Saya serung kenapa ya malas membuat blog? InsyaAllah segera meluncur blognya biar bisa berbagi.

  18. wandiudara | 17 May, 2010 23:06

    saya setuju mat bloger!! Biar guru juga belajar narsis..lebih baik bikin blog yang jelas-jelas positif daripada mewanti-wanti siswanya untuk jangan membuka situs negatif…

  19. Sadarta Sinuraya | 18 May, 2010 14:19

    Sebenarnya sudah sewajarnya setiap guru memiliki blog. Seperti kita ketahui bahwa waktu tatap muka di kelas sangat minim sehingga kekurangan tersebut bisa ditambahkan di blog. Murid-murid juga akan terbantu jika mereka lupa atau ada yang ketinggalan mereka cukup membuka blog guru mereka masing-masing. Kalau masalah sarana biarlah pemerintah yang memikirkan.

  20. Guru Go!Blog | 18 May, 2010 17:53

    Kalau milikku ini blog guru atau bukan ya mas?

  21. tara | 20 May, 2010 20:33

    Memang, guru bagus untuk digugu dan ditiru. Lebih bagus pula kalau siswa juga diajari membuat blog biar sama-ssama kreatif

  22. sugeng | 22 May, 2010 05:17

    memang sosok Sawali Tuhusetya dan Marsudiyanto layak mendapat hati di kalangan blogger.

  23. hahn | 22 May, 2010 21:44

    teman-teman saya yang jadi guru pun semakin sering menulis di blog, dan kemarin masuk nominasi 29 besar kompetiblog hehe…

  24. Ika Farihah Hentihu | 23 May, 2010 04:26

    Bakat guru akan semakin terasah dan terekspose. Mulanya orang hanya mengetahui guru mata pelajaran tertentu, ternyata beliau menguasai bidang lain..
    Salut guruku.

  25. Gundal Gandul | 23 May, 2010 06:30

    siplah sekarang udah pada pinter ngomong yakh…….kgk salah klo di sekolah ada gurunya.PEACE…

  26. Abdurohman | 25 May, 2010 18:29

    saya sangat setuju Guru membuat blog.agar tukar pengalaman tukar bahan KBM agar merata semua RPP.Saya anjurkan semua Guru Madrasah Ibtidaiyah Harus Bisa.saya guru non PNS DI Kab Bogor Kec Ciomas MIS AL FURQON

  27. ihwan | 31 May, 2010 23:38

    mau jg sy punya blog….. tp…. tlg bantuin aku biar punya jg…

  28. teguhsasmito | 13 June, 2010 11:18

    salut buat guru yang sudah punya blog. semoga bisa berbagi pakai, berbagi pengalaman, berbagi wacana, dan berbagi segalanya tentang pendidikan.
    Silakan mampir di blog saya.

  29. Sugiana Hadisuwarto | 14 June, 2010 15:44

    blog sebagai wahana pembelajaran,saya setuju jika para guru juga ngeblog karena akan sangat membantu bagi peningkatan kompetensi dan profesionalisme mereka.

  30. Saung Tani | 14 June, 2010 15:47

    bukan hanya guru profesi yang lainya seharusnya juga sambil ngeblog juga….

  31. inung gunarba | 23 June, 2010 17:26

    Sepakat…
    Blogging mendorong para pendidik makin segar dalam mengajar dan kian komunikatif. Salam SMK Bisa! =)

  32. WebGuruKu.com | 28 September, 2010 08:15

    Bagus..Teriima Kasih

  33. Qin | 18 December, 2010 01:26

    Ok

  34. ayu | 1 January, 2011 13:56

    blogging bagus sangat tapi ayu masih belum mahir dalam memgunakannya…minta diberikan tunjuk ajar

  35. ayu | 1 January, 2011 13:58

    sesiapa yang mahir dan pakar mengenai blogging mohon beri tunjuk ajar… ne email ayu… nor_ieda91@yahoo.com

  36. ritayani | 1 January, 2011 14:28

    Hati-hati belanja di jaringan Alfamart di Tangerang Depok dan Bekasi. Modus operandi korupsi kecil-kecilan ala karyawan Alfamart. Harga dinaikkan dengan cara menutup label harga yang ada dengan kertas label jepitan yang bisa sewaktu-waktu dicopot kalau pemiliknya datang ngontrol.

  37. cd interactive siap unas | 25 January, 2011 06:19

    cd interactive siap unas: Salam kenal, maaf numpang promo. kami menyediakan cd interactive siap unas 2011, dan soal bisa dipesan sesuai wilayah/daerah masing-masing

  38. AGUS GURU nDESO | 1 March, 2011 22:45

    Ya, dengan Ngeblog saya banyak mendapatkan kawan-kawan guru yang kraetif.

  39. azhari zakaria | 22 May, 2011 22:29

    postingan bagus. sebagai guru, saya terinspirasi untuk ngeblog. tapi ya namanya juga masih gaptek he he he. ajarin saya ya

  40. tikah aulia | 10 June, 2011 17:06

    saya setuju dengan pembahasan ini, tapi saya kurang yakin dengan hasil blog saya sendiri.bagaimana caranya mempercantiknya supaya saya lebih yakin

  41. bersediabelajar | 14 July, 2011 17:42

    Memang perlu “sedikit usaha” dari guru2 utk meluangkan waktu membuat n (tentu mengelolanya) blog, krn manffatnya banyak sekali, salam kenal

  42. Monica | 22 December, 2012 09:04

    aku kebetulan seorang guru biologi di bandung. Memang saat ini seorang guru harus dan wajib perkembangan internet, khusunya dunia blogging. Dengan sebuah blog, siswa yang ku didik dalam mengetahui materi pembelajaran dan berinterksi dengan ku dengan cepat.

  43. garcinia cambogia extract | 28 March, 2014 21:56

    garcinia cambogia extract…

    Mengapa Guru Perlu Membuat Blog : Blog Tempo Interaktif…

Silakan berkomentar, kawan!